Tinggalkan komentar

dukungan terhadap sikap LBH Jakarta dalam menolak kehadiran Boediono


(Tulisan ini Merupakan Pernyataan Sikap KP-PRP)

Salam rakyat pekerja,

Masa kampanye capres-cawapres menjelang Pemilu 2009 kali ini telah dimulai. Pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) kemudian berlomba-lomba untuk mencari simpati rakyat dan popularitas agar rakyat memilih mereka dalam pemilihan presiden di bulan Juli. Beberapa pernyataan dan program dilontarkan oleh ketiga pasangan, seolah-olah hanya mereka lah yang paling berpihak kepada rakyat Indonesia.

Namun kita tahu, dari ketiga pasangan capres-cawapres ini, tidak satupun yang memiliki tindakan konkrit dalam mensejahterakan rakyat Indonesia ketika mereka diberi kesempatan untuk terlibat dalam kekuasaan. Bahkan keterlibatan mereka semasa mereka berada dalam lingkaran kekuasaan, cenderung menyengsarakan rakyat, merugikan rakyat, dan melanggar hak azasi rakyat.

Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) sebagai salah satu lembaga swadaya masyarakat bagi advokasi hukum dan HAM yang tertua di Indonesia, tentunya telah mengetahui sepak terjang dari ketiga pasangan capres-cawapres ini. Namun sayangnya, dalam peresmian salah satu ruangan di gedung YLBHI, YLBHI mengundang Boediono (salah satu pasangan capres-cawapres) untuk meresmikannya. Bahkan Boediono diberikan kesempatan untuk memaparkan visi misinya secara eksklusif. Tentu saja tidak salah kiranya, jika rakyat Indonesia beranggapan bahwa ini merupakan bentuk dukungan YLBHI kepada salah satu pasangan capres-cawapres pada saat pemilihan presiden nantinya, khususnya kepada pasangan SBY-Boediono.

LBH Jakarta, sebagai salah satu organisasi cabang dari YLBHI, telah melakukan protes terhadap tindakan YLBHI mengenai kehadiran Boediono. Alasan LBH Jakarta menolak kehadiran Boediono karena tidak memberikan porsi yang seimbang dengan pasangan capres-cawapres yang lainnya. Selain itu, LBH Jakarta berupaya menjaga independesi dan netralitas YLBHI serta LBH Jakarta dalam pemilihan presiden kali ini.

Untuk itu kami dari Perhimpunan Rakyat Pekerja (PRP) mendukung sepenuhnya pernyataan LBH Jakarta dalam menjaga nilai-nilai independensi dan netralitas YLBHI. Mengingat YLBHI merupakan sebuah lembaga advokasi hukum dan HAM serta sangat dekat perjuangannya selama ini dengan rakyat yang tertindas.

Selain itu, ketiga pasangan capres-cawapres ini juga memiliki kontribusi terhadap berlarut-larutnya penuntasan kasus pelanggaran HAM di Indonesia. Tidak terselesaikannya kasus-kasus pelanggaran HAM masa lalu di Indonesia, jelas dapat dilihat dari tidak adanya kemauan politik dari pemeritahan- pemeritahan masa lalu dan saat ini untuk menuntaskan kasus-kasus pelanggaran HAM tersebut. Selain itu, beberapa calon tersebut terindikasi sebagai pelanggar HAM masa lalu, dan sampai saat ini belum pernah dihukum atau diadili oleh Negara.

Untuk itu juga, kami dari Perhimpunan Rakyat Pekerja (PRP) menyatakan sikap:

  1. Mendukung penuh penolakan LBH Jakarta atas kehadiran Boediono untuk pemaparan visi misi SBY-Boediono di gedung LBH/YLBHI. Karena jelas bahwa LBH/YLBHI merupakan sebuah lembaga advokasi yang sangat diharapkan untuk mendorong penuntasan kasus-kasus pelanggaran HAM. Untuk itu, LBH/YLBHI jangan sampai terjebak dalam kepentingan politik praktis yang dimanfaatkan oleh salah satu pasangan capres-cawapres.
  2. LBH/YLBHI harus tetap menuntut pengusutan kasus-kasus pelanggaran HAM masa lalu, termasuk menggugat SBY-JK karena tidak memiliki komitmen untuk menuntaskan kasus-kasus pelanggaran HAM di masa kepemimpinannya.
  3. Menolak elit-elit politik yang terindikasi melanggar HAM untuk maju sebagai Calon Presiden maupun Calon Wakil Presiden RI mendatang.

Jakarta, 5 Juni 2009

Komite Pusat

Perhimpunan Rakyat Pekerja

(KP-PRP)

Ketua Nasional

Sekretaris Jenderal

ttd.

(Anwar Ma’ruf)

ttd.

(Rendro Prayogo)

Iklan

Tinggalkan Komentar, Komentar anda akan kami moderasi terlebih dahulu. Harap jangan mengirimkan link yang tidak perlu, khususnya link yang mengandung iklan dan spam

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: