Tinggalkan komentar

Solidaritas terhadap Korban Premanisme Satpol PP


(Pernyataan Sikap KP-PRP)

Bubarkan Satpol PP!

Salam rakyat pekerja,

Akhir-akhir ini rakyat Indonesia selalu saja disuguhi berita mengenai kekerasan yang dilakukan oleh aparat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Bahkan beberapa kali tindakan yang dilakukan oleh aparat Satpol PP menyebabkan korban jiwa. Dalam bulan Mei 2009 saja, sudah ada beberapa kasus yang dilakukan oleh aparat Satpol PP dan menyebabkan rakyat meninggal dunia. Sebut saja kasus yang menimpa seorang balita Siti Khoiyaroh yang meninggal di Surabaya karena tersiram kuah panas bakso akibat dari gerobak bakso orang tuanya terguling saat dikejar-kejar oleh Satpol PP. Kejadian lainnya, Fifi yang merupakan seorang PSK, akhirnya harus meninggal dunia karena tenggelam di sungai Cisadane, Tangerang. Peristiwa tersebut bermula karena adanya razia Satpol PP terhadap PSK di Tangerang.

Tindakan Satpol PP yang melakukan penggusuran, razia, penangkapan, dan lain-lain, tentunya sangat didukung oleh pemerintah kapitalis Indonesia saat ini. Rakyat miskin selalu dianggap sebagai “parasit” oleh pemerintah. Dengan alasan menjaga keindahan kota dan menertibkan masyarakat, pemerintah kapitalis Indonesia (melalui Satpol PP) berupaya untuk menyingkirkan rakyat miskin, karena tidak dapat mendatangkan keuntungan bagi para pemilik modal.

Satpol PP sejak awal memang digunakan oleh pemerintahan kapitalis dan kaum borjuasi sebagai alat untuk kepentingan ekonomi politiknya. Penggusuran kawasan kumuh oleh Satpol PP dilakukan hanya untuk melapangkan para pemilik modal menggunakan lahan tersebut guna membangun perusahaannya dan melipatgandakan alat produksi. Beberapa kali kasus penggusuran kawasan kumuh yang dilakukan oleh Satpol PP, seringkalai mengalami bentrokan dan berdampak pada jatuhnya korban di masyarakat.

Jelas bahwa tindakan pemerintah kapitalis Indonesia sangat tidak berpihak kepada rakyat. Pemerintah kapitalis Indonesia, yang menganut neoliberalisme, hanya tunduk kepada para pemilik modal dan tidak mempedulikan nasib rakyat pekerja. Ini lah akibat dari sistem neoliberalisme yang dianut oleh pemerintahan kapitalis. Tindakan pemerintahan kapitalis yang mengagung-agungkan neoliberalisme bukan hanya terjadi pada pemerintahan SBY-JK saja, namun sudah sangat lama dianut pula oleh pemerintahan- pemerintahan sebelumnya.

Berkaitan dengan pemilihan presiden pada tahun 2009 ini, sudah dapat dipastikan bahwa siapapun presiden dan wakil presiden yang akan dipilih, maka mereka akan kembali menganut sistem neoliberalisme. Karena dipengaruhi oleh neoliberalisme, maka juga dapat dipastikan kebijakan-kebijakan nya nanti akan sangat tidak berpihak kepada rakyat. Kebijakan yang dipilih hanya akan menguntungkan para pemilik modal. Neoliberalisme sudah terbukti gagal dalam mensejahterakan rakyat, dan hanya SOSIALISME lah yang dapat mensejahterakan rakyat.

Maka dari itu, kami dari Perhimpunan Rakyat Pekerja menyatakan sikap:

1. Mengecam keras serta mengutuk tindakan “premanisme” dan brutal Satpol PP yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa di beberapa daerah.

2. Menuntut pada Pemerintah RI untuk membubarkan Satpol PP dengan mencabut Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 2004 tentang Satuan Polisi Pamong Praja.

3. Menyerukan kepada seluruh elemen gerakan rakyat, mulai dari buruh, petani, mahasiswa, kaum miskin kota, dan yang lainnya untuk bersatu dalam satu kesatuan gerakan politik guna menghancurkan neoliberalisme dan mengusung SOSIALISME sebagai jalan keluar untuk mencapai kesejahteraan.

Jakarta, 9 Juni 2009

Komite Pusat
Perhimpunan Rakyat Pekerja
(KP-PRP)

Anwar Ma’ruf                                                                 Rendro Prayogo

Ketua Nasional                                                          Sekretaris Nasiona

Iklan

Tinggalkan Komentar, Komentar anda akan kami moderasi terlebih dahulu. Harap jangan mengirimkan link yang tidak perlu, khususnya link yang mengandung iklan dan spam

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: