Tinggalkan komentar

PERNYATAAN SIKAP PERHIMPUNAN RAKYAT PEKERJA


Nomor: 103/PS/KP-PRP/e/VII/09

Solidaritas terhadap perjuangan buruh PT Nike Indonesia

Penjajahan Gaya Baru telah menyengsarakan rakyat pekerja

Neoliberalisme telah gagal untuk mensejahterakan rakyat pekerja

Salam Rakyat Pekerja, 

Globalisasi telah membawa “manfaat” semu bagi sebagian masyarakat dalam menggunakan produk-produk bermerk terkenal keluaran luar negeri. Saat ini produk dengan merk-merk terkenal, seperti ADIDAS, NIKE, REEBOK, GAP, dan lain sebagainya, semakin membanjiri pasar Indonesia. Bahkan kecenderungan yang terjadi adalah orang akan sangat bangga ketika menggunakan produk merk terkenal, karena tidak semua dapat membeli dan menggunakan produk merk terkenal tersebut.

Dari berbagai merk terkenal tersebut, sebagian diantaranya diproduksi atau diolah di Indonesia. Untuk melakukan pengolahan produksi tersebut, jelas perusahaan-perusaha an merk terkenal itu menggunakan buruh-buruh dari Indonesia. Namun belum tentu kesejahteraan para buruh di perusahaan merk terkenal tersebut dapat terpenuhi.

PT Nike Indonesia menjadi contoh yang paling ideal untuk menjelaskan keterpurukan buruh di perusahaan tersebut. Tentunya akan sangat aneh ketika kita tahu, bahwa satu produk Nike dapat dijual dengan harga yang sangat mahal, sementara buruh yang memproduksi produk tersebut diupah dengan sangat rendah. Namun fakta itulah yang terjadi, dimana seorang buruh di PT Nike Indonesia hanya diupah sebesar Rp 25.000,- setiap harinya. Dalam laporan 2004, buruh Nike di Indonesia hanya dibayar sekitar USD 2 per pasang sepatu dari harga sepasang sepatu yang sebesar USD 75 – 200.

Selain masalah upah, buruh PT Nike di Indonesia tidak memiliki jaminan sosial. Hal ini tentunya sangat rentan bagi setiap pekerja, karena dengan upah yang sangat murah, bisa dipastikan ia akan sangat kesulitan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang lainnya. Larangan untuk berorganisasi bagi para buruhnya juga dilakukan oleh PT Nike Indonesia, sehingga para buruh tidak dapat membela hak-haknya secara kolektif. Pemberangusan terhadap organisasi buruh di PT Nike Indonesia selalu terjadi di berbagai daerah.

Inilah kebiadaban Kapitalisme yang telah benar-benar menyengsarakan kehidupan para buruhnya. Jelas lah, bahwa Kapitalisme- Neoliberalisme gagal dalam mensejahterakan rakyat pekerja. Karena sistem Kapitalis-Neolibera l hanya akan menguntungkan para pemilik modal.

Kondisi seperti ini pun akhirnya dibiarkan oleh pemerintahan kapitalis sehingga kesengsaraan yang dialami oleh rakyat pekerja berlanjut hingga hari ini. Tidak ada satupun para penguasa Indonesia, yang selalu membela, melindungi, dan mempertahankan keajegan kapitalisme, berupaya untuk mencegah terjadinya kesengsaraan pada rakyat pekerja. Mereka bahkan berpihak kepada para pemilik modal dengan mempermudah aturan-aturan yang berlaku sehingga para pemilik modal dapat berinvestasi dengan nyaman di Indonesia.

Maka dari itu, kami dari Perhimpunan Rakyat Pekerja (PRP) menyatakan sikap:

  1. Bersolidaritas terhadap perjuangan para buruh PT Nike Indonesia dalam memperjuangkan hak-hak normatifnya.
  2. Sistem Neoliberal, yang telah mengijinkan kerakusan para pemilik modal dalam menindas rakyat pekerja, terbukti tidak akan mensejahterakan kehidupan rakyat pekerja. Bahkan sistem Kapitalisme- Neoliberalisme hanya akan menjerumuskan rakyat pekerja ke dalam jurang kemiskinan dan kesengsaraan.
  3. Hanya dengan SOSIALISME lah maka rakyat pekerja akan memperoleh kesejahteraannya. Untuk itu, seluruh rakyat pekerja di Indonesia diharapkan untuk tidak lelah memperjuangkan SOSIALISME di Indonesia.

Jakarta 31 Juli 2009

Komite Pusat

Perhimpunan Rakyat Pekerja

 

Ketua Nasional                                                Sekertaris Jenderal

 

ttd                                                                           ttd

(Anwar Ma’ruf)                                               (Rendro Prayogo)

Iklan

Tinggalkan Komentar, Komentar anda akan kami moderasi terlebih dahulu. Harap jangan mengirimkan link yang tidak perlu, khususnya link yang mengandung iklan dan spam

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: