20 Komentar

Asean-China Free Trade Agreement Merugikan Rakyat Pekerja, Tolak kesepakatan pasar bebas antara ASEAN dan Cina!


(Tulisan ini Merupakan Pernyataan Sikap Komite Pusat Perhimpunan Rakyat Pekerja)

Salam rakyat pekerja.

Kesepakatan pasar bebas antara ASEAN dan Cina akan segera berlangsung pada tanggal 1 Januari 2010. Polemik mengenai berjalannya kesepakatan pasar bebas ini telah mengemuka di media massa. Dikatakan bahwa akibat kesepakatan pasar bebas yang akan segera berjalan di awal tahun 2010, menyebabkan hancurnya industri nasional akibat dibanjiri oleh produk dari Cina.

Promosi yang selalu digaungkan oleh rezim kapitalis SBY adalah dengan adanya kesepakatan pasar bebas ini tentunya akan menekan harga produk di pasar dalam negeri. Hal ini menurut rezim kapitalis SBY akan menguntungkan bagi rakyat Indonesia. Namun jelas pernyataan rezim kapitalis SBY tersebut merupakan penipuan terhadap rakyat Indonesia. Dengan berjalannya kesepakatan pasar bebas antara Cina dan ASEAN, termasuk Indonesia, maka rezim kapitalis SBY akan menghilangkan bea masuk bagi produk-produk dari Cina. Akibatnya adalah produk-produk Cina akan segera membanjiri pasar di Indonesia. Pada kenyataannya harga produk Cina lebih murah daripada produk-produk lainnya termasuk produk dari industri nasional. Namun hal ini nantinya akan berdampak pada hancurnya industri nasional dan berdampak pada PHK besar-besaran terhadap buruh.

Tetap ngototnya rezim kapitalis SBY untuk menjalankan kesepakatan pasar bebas antara Cina dan ASEAN, tentunya didasarkan atas perjanjian perdagangan bebas yang dihasilkan oleh WTO. Sebagai salah satu negara anggota WTO, maka Indonesia harus mengikuti perjanjian tersebut walaupun mengorbankan rakyatnya. Inilah salah satu bukti bahwa Indonesia telah tunduk kepada kekuasaan modal. Rezim kapitalis yang saat ini dipimpin oleh SBY lebih memilih untuk mengikuti kemauan para kapitalis internasional dibandingkan mensejahterakan rakyatnya.

Rezim kapitalis SBY lebih mementingkan menjaga pandangan kapitalis internasional, bahwa Indonesia masih merupakan negara yang penurut dan tunduk terhadap kemauan para kapitalis. Inilah sistem neoliberalisme yang berjalan di Indonesia, yang tentunya lebih mementingkan kepentingan para pemilik modal asing dan domestik. Rakyat pekerja hanya dijadikan komoditas dan korban agar sistem neoliberalisme dapat berjalan dengan lancar sehingga prestasi Indonesia di mata kapitalis internasional dapat terjaga.

Menurut perkiraan, beberapa industri nasional akan hancur begitu kesepakatan pasar bebas ini berjalan pada bulan Januari 2010. Industri nasional tersebut antara lain dari industri tekstil, baja, dan mesin. Hal ini tentunya disebabkan industri nasional di bidang tersebut tidak dapat bersaing dengan industri Cina di bidang tekstil, mesin, dan baja.. Namun tentunya dampak dari kesepakatan pasar bebas ini bukan hanya terkait pada 3 bidang industri itu saja, namun akan berdampak pada keseluruhan industri nasional Indonesia.

Sistem neoliberalisme sekali lagi telah membuktikan akan menghancurkan kehidupan rakyat di Indonesia. Pemerintahan kapitalis juga sekali lagi membuktikan lebih mementingkan kepentingan para kapitalis daripada kepentingan rakyat pekerja. Kapitalisme telah membuktikan kegagalannya dalam mensejahterakan rakyat Indonesia.

Maka dari itu, kami dari Perhimpunan Rakyat Pekerja menyatakan sikap:

Menolak kesepakatan pasar bebas antara Cina dan ASEAN (ACFTA) dijalankan di Indonesia, karena hanya akan merugikan rakyat Indonesia, Galang mosi tidak percaya terhadap para penyelenggara negara, karena mereka hanya mementingkan kepentingan para kapitalis dan tidak mempedulikan nasib rakyat pekerja Indonesia, Bangun persatuan gerakan rakyat Indonesia untuk membentuk kekuatan politik alternatif dan menghancurkan sistem neoliberalisme yang telah menyengsarakan rakyat pekerja Indonesia.

Jakarta, 30 Desember 2009

Komite Pusat

Perhimpunan Rakyat Pekerja

(KP-PRP)

Iklan

20 comments on “Asean-China Free Trade Agreement Merugikan Rakyat Pekerja, Tolak kesepakatan pasar bebas antara ASEAN dan Cina!

  1. iya….saya setuju sekali dengan tulisan di atas…sbnrnya itu semua bisa di atasi kl kita dapat meningkatkan kualitas dan nasinalisme tp kan untuk saat ini indonesia blm mampu untuk itu sehingga sampai dapat bersaingan dengan smua bidang yg d miliki oleh bangsa luar..smoga pemerintah lebih memperhatikan kesejahteraan rakyat sebelum terlambat….indonesia bisaaaa

  2. Terima kasih untuk hal-hal yang baik

  3. I just couldn’t resist and want to thank you for this magnificent post. I even wrote a blog post about it here

  4. I used to be recommended this blog through my cousin. I’m now not positive whether or not this post is written by way of him as nobody else understand such particular approximately my trouble. You are incredible! Thanks!

  5. Hey this topic is hugely interesting. Keep it going teammate !

  6. Sangat bagus memang saya mungkin akan mendownloadnya. Terima kasih

  7. hello, love from finland. your post looks great. Mind if i quote it in my blog?

  8. I could not make up mind for a long time, but a friend of mine advised me your service and now I am 100% satisfied.

  9. wohh precisely what I was searching for, thankyou for putting up.

  10. Saya biasanya tidak posting di blog, tapi blog Anda membuat saya sangat bekerja .. indah …

  11. Thanks for taking the time to discuss this, I feel strongly about it and love studying extra on this topic. If attainable, as you acquire expertise, would you mind updating your weblog with additional info? It is extremely helpful for me.

  12. itu sangat menarik untuk dibaca. Saya ingin mengutip posting Anda di blog saya. Hal ini dapat? Dan Anda et account di Twitter?

  13. After study a few of the blog posts on your website now, and I truly like your way of blogging. I bookmarked it to my bookmark website list and will be checking back soon. Pls check out my web site as well and let me know what you think.

  14. Hi! I’ve been following your website for a long time now and finally got the bravery to go ahead and give you a shout out from Houston Tx! Just wanted to say keep up the great job!

  15. Aku tidak bekerja halaman kontak , atau lebih tepatnya itu membersihkan keluar bagaimana mengirim PM itu?

  16. Кучу перепробовала ни одна не работает
    Народ посоветуйте хорошую диету так чтоб особо не напрягаться но и чтоб интересно было?

  17. I’m curious to locate out what blog system you’re utilizing? I’m experiencing some small security troubles with my latest blog and I’d like to discover something much more safeguarded. Do you’ve any recommendations?

  18. Excellent web site. Plenty of helpful info here. I’m sending it to a few buddies ans also sharing in delicious. And naturally, thank you in your effort!

Tinggalkan Komentar, Komentar anda akan kami moderasi terlebih dahulu. Harap jangan mengirimkan link yang tidak perlu, khususnya link yang mengandung iklan dan spam

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: