13 Komentar

Menolak Forum Bipartit Nasional!, Lawan Konfederasi Serinkat Buruh Gadungan!, Bangun Konfederasi Serikat Buruh Progresif!


(Tulisan ini merupakan Pernyataan Sikap PRP)

Salam rakyat pekerja,

Setelah pertemuan konfederasi-konfederasi serikat buruh kuning untuk menyusun konsensus gerakan politik buruh diadakan pada tanggal 23-25 November 2009, maka pada tanggal 18 Februari 2010 diadakan pertemuan antara konfederasi-konfederasi serikat buruh kuning dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO). Dalam pertemuan tersebut disepakati terbentuknya Forum Bipartit Nasional.Forum Bipartit Nasional sebenarnya merupakan “produk” lama yang telah dirintis mulai tahun 2006 oleh rezim neoliberal. Namun penolakan oleh beberapa serikat-serikat buruh progresif akhirnya harus memupuskan harapan rezim neoliberal dan pemilik modal untuk membungkam “suara” serikat buruh dan menghancurkan eksistensi serikat-serikat buruh progresif. Forum Bipartit Nasional memang sengaja dibentuk hanya untuk mengurung kepentingan-kepentingan buruh agar tidak menyerang agenda neoliberalisme yang akan lebih pro kepada para pemilik modal dan merugikan industri nasional.

Hidupnya kembali Forum Bipartit Nasional yang diinisiasi oleh APINDO dan konfederasi-konfedrasi serikat buruh gadungan tentunya semakin menunjukkan bahwa konfederasi serikat buruh kuning tersebut memang sangat berpihak terhadap agenda neoliberalisme. Kepentingan konfederasi serikat buruh kuning bukanlah untuk memperjuangkan kepentingan kaum buruh di Indonesia, namun jelas-jelas untuk menghancurkan dan menindas kehidupan buruh.

Konfederasi-konfederasi serikat buruh kuning pada waktu lalu telah menyatakan keberpihakannya kepada rekomendasi National Summit yang sangat merugikan kehidupan rakyat pekerja di Indonesia. Padahal kita tahu bahwa rekomendasi National Summit hanya untuk melanggengkan berjalannya agenda neoliberalisme di Indonesia. Saat ini, konfederasi-konfederasi serikat buruh kuning dan APINDO semakin menunjukkan watak aslinya yang akan lebih mementingkan kepentigan para pemilik modal. Kemesraan antara para pemilik modal dan konfederasi serikat buruh kuning akan semakin memperburuk kehidupan kaum buruh di Indonesia.

Rezim neoliberal akan sekuat tenaga berupaya untuk melancarkan agenda-agenda neoliberalisme di Indonesia. Front-front kelas borjuasi telah dapat dilihat bermunculan di kalangan parlemen. Hal ini terbukti ketika terbentuknya KARTEL PARTAI POLITIK yang mendukung kebijakan-kebijakan rezim neoliberal. Namun saat ini front-front kelas borjuasi bukan hanya berada di parlemen, namun telah merambah dan menunjukkan wujudnya di lapangan-lapangan sektoral, salah satunya di sektor perburuhan. Bukan tidak mungkin front-front kelas borjuasi ini juga akan bermunculan di sektor-sektor lainnya, selain sektor perburuhan.

Dalam hal terbentuknya Forum Bipartit Nasional, jelas bahwa buruh-buruh di Indonesia perlu untuk menggalang dan membangun serikat-serikat buruh progresif atau serikat-serikat buruh yang tidak tunduk kepada kapitalisme dan benar-benar memperjuangkan kesejahteraan buruh di Indonesia. Kaum buruh di Indonesia harus mulai menyatakan ketidakpercayaannya kepada konfederasi-konfederasi serikat buruh gadungan/kuning.

Selain itu, sangat penting untuk membangun kesadaran politik dari kaum buruh dan mulai berperan dalam kancah perpolitikan di Indonesia dengan membangun dan terlibat dalam upaya pembangunan partai politik yang memiliki karakter kelas pekerja. Selama ini kita tahu bahwa partai-partai politik yang ditawarkan oleh ketiga konfederasi serikat buruh gadungan tersebut jelas tidak memiliki karakter kelas pekerja. Konfederasi-konfederasi serikat buruh kuning hanya memanfaatkan suara-suara buruh untuk kepentingan Pemilu, agar partai politik yang mereka tawarkan dapat menang dalam ajang Pemilu. Namun selanjutnya partai-partai politik tersebut bersama-sama dengan kapitalis dan rezim Neoliberal selalu menindas kaum buruh di Indonesia.

Maka dari itu, kami dari Perhimpunan Rakyat Pekerja menyatakan sikap:

  1. Menolak Forum Bipartit Nasional bentukan APINDO dan konfederasi-konfederasi serikat buruh kuning/gadungan.
  2. Tolak dan lawan konfederasi serikat buruh kuning/gadungan, karena selama ini mereka hanya berpihak kepada pemerintahan kapitalis dan mendukung kebijakan-kebijakan neoliberalisme di Indonesia.
  3. Bangun konfederasi serikat buruh alternatif yang progresif di Indonesia untuk mempersatukan seluruh kekuatan serikat-serikat buruh yang menolak penindasan oleh Kapitalisme-Neoliberalisme.
  4. Bangun kekuatan politik oposisi dari seluruh rakyat pekerja (buruh, tani, nelayan, mahasiswa, dan lain-lain) untuk melawan rezim neoliberal.
  5. Kapitalisme-Neoliberalisme telah terbukti gagal dalam mensejahterakan rakyat pekerja, dan hanya dengan SOSIALISME lah maka rakyat pekerja di Indonesia akan sejahtera.

Jakarta, 4 Maret 2010

Komite Pusat

Perhimpunan Rakyat Pekerja

Iklan

13 comments on “Menolak Forum Bipartit Nasional!, Lawan Konfederasi Serinkat Buruh Gadungan!, Bangun Konfederasi Serikat Buruh Progresif!

  1. Excellent learn, I simply passed this onto a colleague who was doing a little analysis on that.

  2. I just made a new to community and I find it very helpful.

  3. Thanks for info on this issue. I dont know that

  4. I used to be very happy to seek out this site.I wanted to thanks for this nice learn!!

  5. Took me time to read all the feedback, however I really loved the forum.

  6. Improbable submit! This might help a lot of folks find out about this matter.

  7. This might help lots of people find out about this matter.

  8. There are definitely a number of particulars like that to take into consideration.

  9. It proved to be very useful to me and I’m certain to all of the mems right here!

  10. @OP: hey, thanks. Nice topic, i have been searching these info for ages.

  11. Hey,man. Nice post. I have read a number of your informative post, thanks for sharing.

  12. ^: heh, thanks. This give me some ideas.

  13. Good post! Just the kind of info i need. Thanks.

Tinggalkan Komentar, Komentar anda akan kami moderasi terlebih dahulu. Harap jangan mengirimkan link yang tidak perlu, khususnya link yang mengandung iklan dan spam

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: