Tinggalkan komentar

PT PERTAMINA harus memenuhi tuntutan para buruh, Tindak tegas pihak kepolisian dan TNI yang mengintimidasi buruh !!!


(Tulisan ini Merupakan Pernyataan Sukap KP-PRP)

Salam rakyat pekerja,

Sudah 4 hari (mulai dari tanggal 17 Maret 2010) para buruh/pekerja yang bekerja dengan status kontrak melakukan mogok kerja di PT Pertamina Balongan, Indramayu. Hal ini dipicu karena PT Pertamina telah berulang kali bertindak secara arogan dengan membiarkan tuntutan buruh agar mereka diangkat sebagai buruh tetap. Selain itu mereka juga menuntut adanya penyesuaian Upah Minimum Sekotral di Migas (UMS Migas). Namun hingga hari ini, hal tersebut tidak pernah direalisasikan oleh PT Pertamina.

Pada tanggal 11 Maret 2010, para pekerja PT Pertamina tersebut telah berhasil menemui pihak manajemen perusahaan. Namun pertemuan tersebut akhirnya hanya menghasilkan janji-janji yang diberikan oleh pihak perusahaan kepada buruhnya untuk memenuhi tuntutan dari para buruh. Berdasarkan dari pengingkaran janji yang dilakukan oleh pihak manajemen perusahaan, maka pada tanggal 17 Maret 2010 (hingga hari ini) buruh-buruh dari unit Pertamina, seperti LPG, TTU, EP, dan yang lainnya, melaksanakan mogok kerja di PT Pertamina Balongan, Indramayu.

Namun pada tanggal 19-20 Maret 2010, aksi sweeping ke rumah-rumah buruh dilakukan oleh pihak Kepolisian dan TNI, yang didampingi oleh pihak manajemen untuk memaksa para buruh bekerja kembali. Hal ini tentu saja menunjukkan keberpihakan pihak Kepolisian dan TNI kepada para pemilik modal, sementara jelas dalam hal ini yang paling dirugikan adalah para buruh. Sweeping yang dilakukan oleh pihak Kepolisian dan TNI tersebut jelas-jelas membuat buruh sangat ketakutan karena dalam aksi sweeping tersebut, pihak kepolisian menggunakan senjata laras panjang untuk mengintimidasi para buruh. Dari hasil sweeping tersebut diketahui, bahwa 3 orang buruh telah dibawa paksa oleh aparat Brigade Mobil (Brimob) Polri dan pihak manajemen Pertamina Balongan ke tempat pekerjaan dari rumah mereka.

Selama 2 hari berturut-turut aksi sweeping dilakukan oleh pihak Kepolisian dan manajemen PT PERTAMINA. Hal ini kemudian memaksa para buruh untuk bekerja kembali karena ada ancamana dari manajemen dari pihak PERTAMINA yang didampingi oleh aparat Brimob. Keberpihakan aparat Kepolisian dan TNI kepada para pemilik modal untuk melindungi aset-aset yang dimiliki oleh aparat Kepolisian dan TNI tentu saja bukan merupakan masalah yang baru. Hal ini telah diketahui sejak lama, tanpa ada desakan apapun dari pihak kopolisian.

Perampasan terhadap atribut aksi yang dibawa oleh kawan-kawan buruh dari Serikat Buruh Indramayu – Konfederasi Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (SBI-KASBI) juga dilakukan oleh aparat Kepolisian. Tentu saja hal ini harus segera diperbaiki oleh pihak Kepolisian, mengingat citranya semakin buruk, dengan adanya beberapa skandal Makelar Kasus di tubuh institusi hukum tersebut. Bisa jadi upaya perlindungan terhadap pemilik modal seperti halnya yang terjadi di beberapa kasus yang lain.

Aparat Kepolisian yang sebenarnya merupakan salah satu elemen dari sektor perburuhan. Namun karena doktrin yang begitu kuat dari penguasa dan pemilik modal saat ini, membuat aparat Kepolisian menjadi “musuh” dari gerakan rakyat yang mulai melawan. Sementara, seharusnya pihak perlawanan, termasuk aparat Kepolisian dapat bersatu untuk memperjuangkan kesejehtaran rakyat, neoliberalisme memang mampu membuat individu-individu yang seharusnya masuk ke dalam kelas pekerja, menjadi tercerai berai dan bermusuhan satu sama lainnya.

Untuk itu, kami dari Perhimpunan Rakyat Pekerja menyatakan sikap:

Mendukung sepenuhnya perlawanan yang dilakukan oleh buruh-buruh PT Pertamina Balongan, Indramayu dalam melakukan mogok kerja., Buruh-buruh yang bekerja di PT Pertamina harus bersatu dan melakukan perlawanan yang lebih besar dan politis untuk pergantian rezim dan sistem kekuasaan di Indonesia,  Kapitalisme sudah gagal dalam mensejahterakan rakyat Indonesia, hanya SOSIALISME lah yang mampu mensejahterakan rakyat Indonesia.

Jakarta, 21 Maret 2010

Komite Pusat – Perhimpunan Rakyat Pekerja

(KP-PRP)

Ketua Nasional  Sekretaris Jenderal

Iklan

Tinggalkan Komentar, Komentar anda akan kami moderasi terlebih dahulu. Harap jangan mengirimkan link yang tidak perlu, khususnya link yang mengandung iklan dan spam

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: