Tinggalkan komentar

Hentikan Ancaman Terhadap Venezuela, Sekarang!


(Tulisan ini Merupakan Pernyataan Sikap Bersama Antara Perhimpunan Rakyat Pekerja (PRP) Indonesia, Komite Politik Rakyat Miskin – Partai Rakyat Demokratik (KPRM-PRD), Perempuan Mahardhika, Parti Sosialis Malaysia (PSM), Socialist Workers, Labour Party Pakistan (LPP),  National Trade Union Federation, Party of the Labouring Masses (PLM), Philippines-Venezuela Solidarity Network, Labor Party (Partido ng Manggagawa), All Nepal Federation of Trade Unions(ANTUF))

3 Agustus 2010

Kami, organisasi-organisasi di bawah ini, dengan perhatian serius melihat kemungkinan agresi militer terhadap rakyat Venezuela oleh Pemerintah Kolombia, yang didukung oleh Negara Amerika Serikat dengan menggunakan tujuh pangkalan militer yang baru-baru ini dibangun di Kolombia.

Persoalan ini timbul dari kejadian belakangan ini ketika Republik Bolivarian Venezuela pada tanggal 22 Juli 2010 dituduh saat Sidang Luar Biasa Organization of American States (Organisasi Negara-negara Amerika) di Washington oleh Pemerintah Kolombia mempromosikan, mendukung dan memelihara hubungan dengan organisasi-organisasi bersenjata dari Kolombia, seperti Revolutionary Armed Forces of Colombia (Angkatan Bersenjata Revolusioner Kolombia-FARC) dan National Liberation Army (Tentara Pembebasan Nasional-ELN). Tuduhan itu hanya berdasarkan gambar yang belum pernah diperiksa ataupun diverifikasi.

Langkah terakhir oleh pemerintah sayap kanan Kolombia tersebut jelas merupakan upaya yang didukung oleh AS untuk membenarkan serangan pre-emptive terhadap Venezuela dan rakyatnya. Telah terdapat pola tuduhan palsu terhadap pemerintah Hugo Chavez dalam beberapa tahun terakhir sebagai bagian dari kampanye yang didukung AS untuk menghancurkan proses revolusioner yang terjadi di Venezuela.

Sejak pemilihan Presiden Hugo Chavez pada tahun 1998 dan awal proses revolusioner Bolivarian, Venezuela telah menjadi tantangan besar bagi dominasi imperialis AS di Amerika Latin. Serta menjadi tantangan pembangunan kapitalis di wilayah ini. Proses revolusioner – dengan partisipasi demokratis populer di Venezuela membawa bendera “Sosialisme di Abad 21” – telah menjadi inspirasi bagi rakyat di seluruh dunia untuk mencari alternatif bagi tatanan dunia kapitalis neoliberal.

Mengingat sejarah campur tangan Amerika Serikat dalam urusan internal negara dan wilayah lain, seperti di Iran dan Semenanjung Korea, kami melihat bahwa AS dapat memanfaatkan krisis Venezuela-Kolombia saat ini sebagai pintu masuk untuk melaksanakan agresi militer terhadap Venezuela seperti yang telah dilakukan berkali-kali di tempat lain di masa lalu. Serangan terhadap Venezuela bertujuan untuk menghancurkan proses revolusioner yang terjadi di Venezuela, Bolivia, Ekuador dan Nikaragua. Serta Amerika Serikat ingin membangun kembali doktrin imperialisme di wilayah ini. Kami sangat menyadari dampak potensial dari tindakan negatif ini kepada rakyat Venezuela dan proses revolusioner yang sedang berlangsung serta pada masyarakat internasional.

Seiring kekhawatiran ini menjadi nyata, kami menyatakan dukungan kami untuk proses demokratik serta revolusioner damai di Venezuela dan kami ingin membangun solidaritas kami kepada rakyat di Venezuela yang sedang berjuang untuk membangun dunia yang lebih baik.

Kami menuntut dan menyerukan:

  1. Pemerintah Kolombia untuk menghentikan kebohongan, tuduhan berbahaya dan ancaman terus-menerusnya terhadap Venezuela dan bekerjasama dengan Venezuela dalam menyelesaikan krisis dengan cara diplomatik damai untuk membangun kembali hubungan dengan seluruh Negara di wilayah Amerika Latin.
  2. Pemerintah AS untuk menutup semua pangkalan dan instalasi militer mereka di Amerika Latin serta wilayah lainnya di dunia.
  3. Semua pemerintah dengan kesadaran penuh mendukung pemerintah Venezuela atas haknya untuk kedaulatan dan mengecam keras tindakan militer yang didukung AS terhadap rakyat Venezuela.
  4. Seluruh rakyat dan organisasi yang mendukung keadilan sosial dan demokrasi sejati untuk mendukung tindakan solidaritas yang mungkin diperlukan untuk mempertahankan Venezuela dan revolusi di Venezuela terhadap ancaman militer terus-menerus.

Ditandatangani oleh:

Australia:

Socialist Alliance

Indonesia:

Perhimpunan Rakyat Pekerja (PRP)

Komite Politik Rakyat Miskin – Partai Rakyat Demokratik (KPRM-PRD)

Perempuan Mahardhika

Malaysia:

Parti Sosialis Malaysia (PSM)

Selandia Baru:

Socialist Workers

Pakistan:

Labour Party Pakistan (LPP)

National Trade Union Federation

Philipina:

Party of the Labouring Masses (PLM)

Philippines-Venezuela Solidarity Network

Labor Party (Partido ng Manggagawa)

Nepal:

All Nepal Federation of Trade Unions(ANTUF)

[Statement bersama ini diinisiasi oleh Parti Sosialis Malaysia (PSM); Perhimpunan Rakyat Pekerja (PRP), Indonesia; dan Socialist Alliance, Australia. Organisasi yang ingin menandatangani statement ini dapat menghubungi int.psm@gmail.com]

Iklan

Tinggalkan Komentar, Komentar anda akan kami moderasi terlebih dahulu. Harap jangan mengirimkan link yang tidak perlu, khususnya link yang mengandung iklan dan spam

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: