Tinggalkan komentar

Rezim SBY bagian dari koruptor dan pelanggar HAM! (Memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia dan Hari HAM Sedunia)


(Tulisan ini merupakan Pernyataan Sikap KP-PRP)

Salam rakyat pekerja,

SBY Gagal Berantas Korupsi

Tanggal 9 dan 10 Desember selalu kita peringati sebagai hari anti korupsi sedunia dan hari HAM sedunia. Sudah berkali-kali rakyat Indonesia turun ke jalan untuk memperingati dua momentum besar ini. Sudah berkali-kali rakyat Indonesia selalu mengingatkan mengenai tingginya praktek korupsi dan kasus pelanggaran HAM di Indonesia. Namun kenyataannya tidak ada perubahan sama sekali dari rezim ini.

Bahkan yang terlihat adalah kasus-kasus korupsi dan pelanggaran HAM tidak mengalami penurunan, tetapi semakin mengalami peningkatan. Kasus-kasus baru pun banyak bermunculan. Kasus-kasus tersebut hanya hangat dibicarakan pada awal-awalnya saja, namun kemudian akan diabaikan oleh rezim serta elit-elitnya.

Meningkatnya kasus-kasus korupsi dan kasus pelanggaran HAM serta tidak dituntaskannya kasus-kasus yang lalu menunjukkan bahwa rezim SBY tidak memiliki kemauan atau komitmen dalam penegakan hukum dan HAM. Tetapi apakah hanya sebatas itu? Apakah hanya sebatas tidak memiliki komitmen? Apakah ini hanya sebatas kegagalan rezim SBY dalam penegakan hukum dan HAM?

Jawabannya TIDAK! Rezim SBY pun mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang berpotensi dapat menimbulkan praktek-praktek korupsi serta pelanggaran HAM. Sebagai contoh, kebijakan mengenai privatisasi PT Krakatau Steel dan kebijakan pengadaan tanah. Privatisasi PT Krakatau Steel jelas-jelas sudah ditentang oleh berbagai kalangan masyarakat akan menyebabkan kerugian yang besar. Namun kengototan rezim SBY untuk tetap menjual aset negara ini tentunya selain karena penerapan agenda Neoliberalisme, tetapi juga untuk menggalang dana kampanye pemilu 2014 bagi partai-pratai politik. Jelas ini merupakan praktek korupsi massal yang dilakukan oleh elit-elit politik borjuis hanya demi mengeruk keuntungan dari aset negara.

Begitu juga dengan kebijakan pengadaan tanah yang akan berujun

g padapraktek penggusuran-penggusuran di beberapa daerah. Perampasan hak rakyat untuk memiliki tanah hanya demi kepentingan para pemilik modal tentunya sudah diluar akal sehat. Namun dengan kekuataan kekuasaan, rezim SBY dapat dengan seenaknya membuat kebijakan yang jelas-jelas hanya merugikan rakyat.

Sosialisme Jawabannya

Dari kedua contoh tersebut, kenyataannya rezim SBY bukan hanya gagal dalam melakukan penegakan hukum dan HAM. Rezim SBY bahkan merupakan bagian dari koruptor dan pelanggar HAM. Kebijakan-kebjakannya hanya akan membuat semakin maraknya praktek korupsi dan pelanggaran HAM di Indonesia. Bahkan perlindungan terhadap para koruptor dan pelanggar HAM pun kerap kali dilakukan oleh rezim Neoliberal ini. Sjafrie Sjamsoeddin yang diduga terlibat dalam beberapa kasus pelanggaran HAM malah diangkat menjadi Wakil Menteri Pertahanan. Begitu juga dengan Timur Pradopo yang juga diduga terlibat dalam beberapa kasus pelanggaran HAM malah diangkat menjadi Kepala Kepolisian Republik Indonesia. Pemberian posisi strategis terhadap para pelaku pelanggar HAM ini semakin menunjukkan keberpihakan rezim Neoliberal kepada para pelanggar HAM.

Maka dari itu, kami dari Perhimpunan Rakyat Pekerja menyatakan sikap:

  1. Rezim SBY/Neoliberal adalah bagian dari koruptor dan pelanggar HAM. Maka wajar tidak ada kasus korupsi besar atau kasus pelanggaran HAM masa lalu yang dituntaskan oleh rezim Neoliberal.
  2. Nyatakan mosi tidak percaya terhadap seluruh aparat penyelenggara negara.
  3. Bangun partai politik alternatif dari gerakan rakyat untuk menggulingkan rezim Neoliberal dan melawan sistem Neoliberalisme di Indonesia
  4. Kapitalisme-Neoliberalisme telah gagal mensejahterakan rakyat, dan hanya dengan SOSIALISME lah maka rakyat akan sejahtera.

Jakarta, 9 Desember 2010

Komite Pusat Perhimpunan Rakyat Pekerja

Sumber Gambar:

  1. SBY Gagal Berantas Korupsi : http://www.hariansumutpos.com/2010/09/60773/korupsi-di-langkat-paling-telanjang.html
  2. SosialismeSolusinya: http://projectindonesiancommsystem.blogdetik.com/2008/12/22/demonstrasi-komite-bersama-di-hari-ham/
Iklan

Tinggalkan Komentar, Komentar anda akan kami moderasi terlebih dahulu. Harap jangan mengirimkan link yang tidak perlu, khususnya link yang mengandung iklan dan spam

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: